Perbandingan Efektivitas Daya Hambat Pembentukan Plak pada Berbagai Pasta Gigi yang tersedia di Kota Medan

Authors

  • drg. Herlinawati M.Kes Poltekkes Kemenkes Medan
  • Aminah br. Saragi Poltekkes Kemenkes Medan
  • Yetti Lusiani Poltekkes Kemenkes Medan

DOI:

https://doi.org/10.36911/pannmed.v15i1.653

Keywords:

Plak, Pasta Gigi

Abstract

Abstrak

 

            Pengendalian pembentukan plak merupakan tindakan yang penting dilakukan untuk mencegah terjadinya karies gigi dan penyakit periodontal maupun dalam proses perawatan dan penyembuhan penyakit tersebut. Cara yang banyak dilakukan oleh masyarakat untuk menghilangkan plak adalah dengan  menyikat gigi menggunakan pasta gigi. Banyak merek pasta gigi dengan perbedaan komposisi dari tiap pasta yang dijual di kota Medan. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui perbandingan efektifitas daya hambat pembentukan plak pada berbagai pasta gigi yang tersedia di kota Medan.

           Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian  eksperimen kuasi dengan rancangan post-test only non equivalent control group design, populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Keperawatan Gigi dengan jumlah 278  orang sedangkan sampelnya ditentukan secara purposive sampling yang memenuhi kriteria inklusi yaitu sebanyak 150 orang. Data primer yang diambil oleh peneliti adalah indeks plak pada masing-masing pasta gigi setelah melakukan sikat gigi dengan pemeriksaan setelah 10 menit, 30 menit, 60 menit, 4 jam, 8 jam. Analisis data dilakukan dengan univariat untuk melihat gambaran pada variabel dan  untuk melihat efektivitas daya hambat pembentukan plak dari berbagai pasta gigi  digunakan  uji anova.

           Hasil penelitian  menunjukkan indeks plak  sesudah menyikat gigi 10 menit pada pasta A, B, C, dan D serta tanpa pasta tidak  menunjukkan perbedaan yang signifikan atau nilai  (p= > 0.05). Pada   menit ke 30 sesudah menyikat gigi indeks plak  antara  pasta  A  dan pasta  B  menunjukkan  ada  perbedaan  yang  singnifikan  (p= < 0.05),  demikian juga pasta A dengan pasta D dan pasta C dengan D menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan (p= < 0.05). Sedangkan pada 1 jam setelah menyikat gigi antara pasta A dan  pasta C  ada perbedaan yang signifikan (p= < 0.05),  akan tetapi pada  4 jam setelah menyikat gigi  dan  8  jam  setelah menyikat gigi tidak  ada perbedaan yang signifikan antara pasta A,  pasta B, pasta C dan pasta D serta tanpa memakai pasta.

           Pasta gigi merupakan  bahan  untuk membersihkan gigi, yang paling utama adalah teknik menyikat gigi yang baik dan benar dengan menyikat gigi pada seluruh permukaan gigi dan cara yang benar untuk setiap segmen yang ada di  rongga mulut.

 

 

  1. Kata Kunci           : Plak, Pasta gigi

Downloads

Published

27-04-2020