HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN ASING YANG MENJALANI RAWAT INAP

Authors

  • I Gede Wirajaya STIKES Bina Usada Bali
  • IGAA Sherlyna Prihandhani STIKES Bina Usada Bali
  • Agung Pradnyana Artha STIKES Bina Usada Bali1

DOI:

https://doi.org/10.36911/pannmed.v15i1.661

Keywords:

caring, perawat, kepuasan pasien

Abstract

 

Rasa ketidakpuasan pasien asing yang menjalani perawatan di rumah sakit dipengaruhi oleh berbagai faktor. Selain kebersihan rumah sakit, faktor caring perawat merupakan hal yang sangat berperan penting terhadap tingkat kepuasan pasien asing itu sendiri. Caring perawat merupakan suatu cara pendekatan yang dinamis, dimana perawat bekerja untuk lebih meningkatkan kepeduliannya kepada pasien demi memenuhi kebutuhan dasar pasien, sehingga kepuasan sebagai indikator mutu pelayanan kesehatan dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Asing Yang Menjalani Rawat Inap di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Khusus Bedah BIMC Siloam Nusa Dua. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. sampel penelitian berjumlah 30 orang yang ditentukan dengan kriterian inklusi dan ekslusi. data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis menggunakan uji Spearman Rho. Hasil penelitian didapatkan dari 30 responden perilaku caring perawat tergolong baik dan kepuasan pasien yang ditunjukkan pasien kepada perawat cenderung puas. Terdapat hubungan yang sangat significant antara Perilaku Caring Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien Asing Yang Menjalani Rawat Inap yang dibuktikan dengan nilai (Pvalue < 0,001, r = 0,967). Saran bagi Perawat adalah konsistensi menjaga dan meningkatkan kepedulian terhadap pasien  dengan demikian kualitas dan mutu rumah sakit akan terjaga.

Downloads

Published

27-04-2020