HUBUNGAN PENGETAHUAN MELALUI IKLAN OBAT (MAAG) TERHADAP SIKAP PEMILIHAN OBAT UNTUK SWAMEDIKASI PENGOBATAN MAAG PADA MASYARAKAT DI DUSUN V DESA BINJAI BARU KECAMATAN TALAWI

Authors

  • Rini Andarwati Jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Medan

DOI:

https://doi.org/10.36911/pannmed.v10i3.164

Keywords:

Iklan Obat Maag, Pengetahuan, Sikap Pemilhan Obat, Swamedikasi

Abstract

Penderita penyakit maag di Dusun V Desa Binjai Baru cukup banyak.Data didapat dari tenaga kesehatan yang ada di daerah ini hampir separuh masyarakat yang berobat mengalami gangguan lambung dan pengobtan secara swamedikasi pilihan utama bagi masyarakat tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan melalui iklan obat maag terhadap sikap pemilihan obat untuk swamedikasi pada masyarakat di Dusun V Desa Binjai Baru Kecamatan Talawi. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey seksional atau potong silang (Cross sectional) dengan cara pengambilan sampel purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 409 orang dan jumlah responden 80 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pengetahuan masyarakat di Dusun V Desa Binjai Baru Kecamatan Talawi tentang iklan obat maag termasuk dalam kategori cukup baik (68.75%), sikap tentang pemilihan obat untuk swamedikasi terhadap iklan obat maag cukup baik (68.75%), dan pada analisa regresi logistik dengan nilai p=0.001, maka terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan melalui iklan obat maag dengan sikap untuk swamedikasi pengobatan maag pada masyarakat di Dusun V Desa Binjai Baru Kecamatan Talawi. Disarankan kepada pihak periklanan sebaiknya memberikan informasi yang lengkap mengenai iklan obat agar iklan obat dapat bermanfaat bagi masyarakat dan tidak menyesatkan. Dan Industri farmasi untuk lebih jujur dan rasional dalam memperkenalkan produknya melalui iklan.

Downloads

Published

05-11-2018