GAMBARAN PENGETAHUAN ANAK TENTANG MENJAGA KESEHATAN GIGI DAN MULUT DENGAN METODE CERAMAH DAN MEDIA PUZZLE PADA SISWA/I DI SD NEGERI LUBUK PAKAM

  • Kirana Sihombing
  • Manta Rosma
  • Lamtiur Ayu Realita
Keywords: Metode Ceramah Dan Media Puzzle

Abstract

Pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kesehatan gigi dan mulut.Peranan rongga mulut sangat besar bagi kesehatan dan kesejahteraan manusia.Secara umum, sesorang dikatakan sehat bukan hanya tubuhnya yang sehat melainkan juga sehat rongga mulut dan giginya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan anak tentang menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan metode ceramah dan media puzzle. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif dengan sampel sebanyak 30 orang.

Hasil data yang diperoleh selisih tingkat pengetahuan antara metode ceramah dan media puzzle memiliki perbedaan. Sebelum dan sesudah diberikan metode ceramah, mendapat skor 80 dengan rata-rata 5,3  menjadi 129 dengan rata-rata 8,6. Untuk tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan media puzzle, mendapat skor 90 dengan rata-rata 6 menjadi 149 dengan rata-rata 9,9. Artinya selisih rata-rata skor metode ceramah yaitu 3,2 sedangkan media puzzle 3,9.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah jika dibandingkan antara metode ceramah dan media puzzle, siswa/I lebih paham dan mengerti terhadap kegiatan media puzzle. sebab, media puzzle lebih menarik karena terdapat gambar tentang cara menjaga kesehatan gigi dan mulut sehingga bermanfaat bagi anak untuk menambah pengetahuan dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut

Published
2020-12-31