Karakteristik wanita usia subur dalam pencegahan kanker serviks

  • Dwi Haryanti STIKES Keluarga Bunda Jambi
  • Silvia Mariana STIKES Keluarga Bunda Jambi
Keywords: pengetahuan, sikap, kanker serviks

Abstract

Berdasarkan survey awal dengan cara wawancara yang telah dilakukan penelitian pencegahan kanker serviks di puskesmas payo selincah kota jambi terhadap 8 Wanita Usia Subur, menunjukkan bahwa 6 orang tidak mengetahuikan kanker serviks, dan tidak tahu upaya pencegahan kanker servik serta minimnya kesadaran untuk melakukan deteksi dini. Sedangkan 2 orang mengetahuikan kerserviks, dan tahu upaya pencegahan kanker serviks.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif menggunakan desain penelitian cross sectional dengan analisis univariat yang bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, dan sikap wanita usia subur  (WUS) tentang upaya pencegahan kanker serviks di wilayah di wilayah kerja puskesmas payo selincah kota jambi tahun 2019. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 1200 orang dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 41 orang. Sampel di ambil dengan tehnik simple random sampling yaitu penelitian dilakukan dengan mengambil responden secara acak sederhana sesuai dengan penelitian tersebut dimana penelitian ini dilakukan maret 2019.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan baik sebanyak 20 responden (48,7%) dan pengetahuan kurang sebanyak 6 responden (14,6%). Sikap positif sebanyak 23 responden (56%) dan sikap negative sebanyak 18 responden (44%).

Hasil penelitian ini di harapkan bagi puskesmas payo selincah kota jambi agar dapat memberikan penyuluhan mengenai  pencegahan kanker serviks dan menganjurkan kepada wanita usia subur untuk melakukan pemeriksaan pap smear dan di harapkan agar responden mencari informasi tentang pencegahan kanker serviks baik dari media massa maupun dari penyuluhan-penyuluhan yang telah dilakukan

Published
2020-12-31