PENGARUH TEKNIK RELAKSASI OTOT PROGRESIF TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA PENDERITA HIPERTENSI DI PUSKESMAS MULIOREJO TAHUN 2020

Hipertensi, Teknik relaksasi otot Progresif, Tekanan darah.

Authors

  • Megawati Megawati

DOI:

https://doi.org/10.36911/pannmed.v15i3.790

Keywords:

Hipertensi, Teknik relaksasi otot Progresif, Tekanan darah.

Abstract

Lanjut usia mulai mengalami penurunan fungsi salah satunya pada sistem peredaran darah. Penurunan elastisitas dinding pembuluh darah yang dapat menyebabakan peningkatan tekanan darah. Salah satu upaya penanganan yang dapat dilakukan untuk menurunkan tekanan darah adalah terapi relaksasi otot  progresif. terapi relaksasi otot progresif pada lanjut usia bertujuan untuk memunculkan respon  relaksasi yang dapat merangsang aktivitas saraf simpatis dan parasimpatis sehingga terjadi penurunan tekanan darh pada lanjut usia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik relaksasi otot progresif terhadap penurunan tekanan darah pada lansia di Puskesmas Muliorejo.

            Metode penelitian yang digunakan adalah Pra Eksperimen Design Group Pre-Post Test Design yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik relaksasi otot progresif terhadap penurunan tekanan darah pada lansia di Puskesmas Muliorejo. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 55 lansia. Metode pengambilan sample menggunakan Purposive sampling dan dapatkan sampel sebanyak 35 responden. Penelitian ini menggunakan uji regresi logistik dengan ?= 0,05.

            Hasil penelitian adalah 1) sebelum dilakukannya relaksasi otot terdapat 22 orang (62.9%) dikategorikan mengalami hipertensi dengan tingkat stage 1 (sistolik140-159 mmHg / distolik 90-99 mmHg). 2) Sesudah dilakukannya relaksasi terdapat 8 orang (22.9%) dikategorikan tekanan darah dalam kondisi Prehipertensi yaitu tekanan darah normal (sistolik 120-139 mmHg / distolik 80-89 mmHg), 3) Terdapat pengaruh teknik relaksasi otot progresif terhadap penurunan hipertensi pada lansia di Puskesmas Muliorejo yang dibuktikan dengan nilai Sig. = 0,000.

            Kesimpulan maka dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh teknik relaksasi otot progresif terhadap penurunan tekanan darah pada lansia di Puskesmas Muliorejo. Sarannya bagi responden diharapkan dapat menerapkan teknik relaksasi otot progresif sebagai terapi pengobatan.

Downloads

Published

2020-12-31