HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUANGAN PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT SANTA ELISABETH MEDAN TAHUN 2016

Authors

  • Suriani Ginting Poltekkes Kemenkes Medan

DOI:

https://doi.org/10.36911/pannmed.v11i1.73

Keywords:

perilaku caring perawat, kepuasan pasien

Abstract

Caring adalah sesuatu yang tidak terpisahkan dengan praktik aktivitas manusia itu sendiri, karena caring memiliki sifat yang holistik yang terarah pada iman, harap dan kasih. Teori Jean Watson yang telah diaplikasikan dalam keperawatan yaitu Human Science and Human Care, yang menjadi menjadi prinsip utama dalam teori ini adalah care dan cinta yang merupakan energi utama dan universal yang menjadi syarat hidup utama pada manusia. Kepuasan klien menjadi prioritas utama dalam lingkungan yang penuh ketegangan atau kesibukan seperti unit rawat inap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku caring perawat terhadap kepuasan pasien di ruangan penyakit dalam. Desain penelitian cross sectional, sampel penelitian sebanyak 40 orang, pengambilan sampel purpose sampling, menggunakan kriteria inklusi dalam penentuan sampel. Dari hasil penelitian ini didapatkan 38 (95,2%) orang pasien mengatakan perilaku caring perawat baik dan 2 (4,7%) orang pasien mengatakan perilaku caring perawat kurang baik. Untuk nilai kepuasan 38 (95,2%) orang pasien mengatakan baik dan 2 (4,7%) orang mengatakan kurang baik. Hasil uji chi-square P=0,000 yang berarti p< 0,05, disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara perilaku caring perawat terhadap kepuasan pasien. Dalam hal ini caring merupakan kunci utama dalam keperawatan sehingga caring harus selalu ditingkatkan dalam pelayanan keperawatan bagi setiap perawat dengan mengadakan pembinaan seminar maupun pelatihan-pelatihan di Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan terhadap perawat dan diharapkan untuk peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian ini dirumah sakit yang berbeda.

Additional Files

Published

05-11-2018