EFEKTIVITAS STIMULASI KUTANEUS : SLOW STROKE BACK MASSAGE TERHADAP PENURUNAN INTENSITAS NYERI OSTEOARTHRITIS PADA LANSIA

Authors

  • Johani Dewita Nasution
  • Sri Siswati

DOI:

https://doi.org/10.36911/pannmed.v15i2.701

Keywords:

lansia; osteoarthritis; nyeri; stimulasi kutaneus : slow stroke back massage

Abstract

Kondisi alam dan masyarakat saat ini sangat kompleks sehingga banyak masalah kesehatan yang muncul cukup dominan sepeti osteoarthritis pada lansia. Stimulasi Kutaneus : Slow Stroke Back Massage merupakan salah satu terapi non farmakologis yang ditawarkan untuk menurunkan intensitas nyeri dengan teknik usapan perlahan pada punggung yang dapat mengakibatkan vasodilatasi pembuluh darah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas Stimulasi Kutaneus : Slow Stroke Back Massage terhadap penurunan intensitas nyeri Osteoarthritis pada Lansia di Puskesmas Mulyo Rejo dan Sei Semayang Kec. Sunggal Kab. Deli Serdang.

Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy–eksperiment. Stimulasi Kutaneus : Slow Stroke Back Massage dalam penelitian ini dilakukan secara teratur dalam waktu 30 menit selama 14 hari berturut-turut mulai dari tanggal 13 Juli – 23 Agustus. Berdasarkan uji hipotesis estimasi proporsi diperoleh sample sebanyak 68 orang, sampel ini terbagi dalam 2 kelompok 34 orang kelompok intervensi dan 34 orang kelompok kontrol. Selama penelitian berlangsung terdapat responden yang gugur sebanyak 7 orang sehingga sampel pada kelompok intervensi menjadi 30 orang dan kontrol 30 orang. Pada kedua kelompok dilakukan pengukuran intensitas nyeri pre  dan post intervensi. Dan datanya dicatat dalam lembar observasi intensitas nyeri. Kemudian data penelitian ini di analisa dengan uji statistik deskriptif dan inferensial.

                Berdasarkan hasil analisa data dengan uji paired t-test menunjukkan bahwa intensitas nyeri kelompok intervensi berbeda antara pre-post Stimulasi Kutaneus : Slow Stroke Back Massage (t=2.03, p=0.00. Selanjutnya dengan uji independent t-test, penelitian ini juga menemukan bahwa intensitas nyeri kelompok intervensi berbeda dengan kelompok kontrol (p=0.00). Penemuan ini menunjukkan bahwa terdapat penurunan intensitas nyeri yang signifikan setelah Stimulasi Kutaneus : Slow Stroke Back Massage secara teratur. Juga terdapat perbedaan intensitas nyeri yang signifikan bila dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kesimpulan dari penemuan penelitian ini menunjukkan bahwa Stimulasi Kutaneus : Slow Stroke Back Massage efektif terhadap penurunan intensitas nyeri osteoarthritis pada lansia.

Downloads

Published

08-08-2020