FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA KADER DALAM PELAKSANAAN POSYANDU DI PUSKESMAS SIMPANG KAWAT KOTA JAMBI TAHUN 2017

Authors

  • Herinawati Herinawati Poltekkes Kemenkes Jambi
  • Nenny Heryani Poltekkes Kemenkes Jambi
  • Diniyati Diniyati Poltekkes Kemenkes Jambi

DOI:

https://doi.org/10.36911/pannmed.v15i2.669

Keywords:

Kinerja kader;, Posyandu

Abstract

 

Kader Posyandu berhasil menjadi pengelola Posyandu karena merekalah yang paling menentukan kebutuhan masyarakat, bertanggung jawab dalam pelaksanaan program posyandu. Bila kader tidak aktif maka posyandu juga akan menjadi status gizi bayi atau balita (Bawah Lima Tahun) tidak dapat dideteksi secara dini dengan jelas hal ini akan secara langsung meningkatkan hasil program posyandu. Diperlukan untuk mempelajari yang berkaitan dengan kader posyandu dan masalah-masalah yang mereka hadapi dalam melaksanakan aktivitasnya, serta upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahn tersebut.

Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja kader dalam pelaksanaan posyandu di Puskesmas Simpang Kawat Kota Jambi tahun 2017, dilaksanakan di wilayah kerja Puskesmas Simpang Kawat Kota Jambi pada bulan Mei-November 2017. Populasi pada kader di wilayah kerja puskesmas Simpang Kawat Kota Jambi Sebanyak 147 kader, sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 98 orang kader.

Hasil Penelitian ini menunjukkan Tidak ada hubungan usia dengan Kinerja kader  dalam pelaksanaan posyandu di Puskesmas Simpang Kawat kota Jambi Tahun 2017 tidak ada hubungan umur, pendidikan, pekerjaan, sikap, pelatihan, supervisi dengan Kinerja kader  dalam pelaksanaan posyandu di Puskesmas Simpang Kawat kota Jambi Tahun 2017 dan ada hubungan motivasi dan imbalan dengan Kinerja kader  dalam pelaksanaan posyandu di Puskesmas Simpang Kawat kota Jambi Tahun 2017.

     Saran bagi Puskesmas Simpang Kawat memberikan pelatihan kepada kader oleh petugas Puskesmas Puskesmas Simpang Kawat Kota Jambi, pelatihan diberikan 6 bulan sekali dan melakukan program pembinaan secara berkala dan terpadu oleh petugas puskesmas kepada kader posyandu, yaitu mulai dari memberikan materi dan melakukan simulasi sistem lima langkah yang ada di posyandu.

 

 

kata kunci: Kinerja kader, Posyandu

Downloads

Published

11-08-2020