HUBUNGAN SIKAP TENTANG MEKANIKA TUBUH DENGAN NYERI PUNGGUNG BAWAH PETANI DI DUSUN V DESA DOLOGHULUAN KECAMATAN RAYA KABUPATEN SIMALUNGUN TAHUN 2015

Authors

  • Agustina Gultom Poltekkes Kemenkes Medan

DOI:

https://doi.org/10.36911/pannmed.v11i1.61

Keywords:

Sikap Tentang Mekanika tubuh, Nyeri Punggung Bawah, Petani

Abstract

Nyeri punggung bawah atau low back pain merupakan salah satu masalah kesehatan yang utama dan mempengaruhi individu, komunitas dan secara global. Nyeri punggung bawah adalah masalah gangguan muskuloskletal yang sangat umum terjadi diantara petani. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganlisis hubungan sikap tentang mekanika tubuh dengan nyeri punggung bawah pada petani di Dusun V Desa Dologhuluan Kecamatan Raya Kabupaten Simalungun. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelatif dengan desain cross sectional untuk menganalis hubungan sikap tentang mekanika tubuh dengan nyeri punggung bawah pada petani. Analisis data menggunakan uji statistik exact fisher dengan ? = 0.05. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan signifikan sikap tentang mekanika tubuh dengan nyeri punggung bawah (0,017 < 0,05). Disarankan adanya peningkatan pemahaman sikap tentang mekanika tubuh yang baik bagi petani di Dusun V Desa Dologhuluan Kecamatan Raya Kabupaten Simalungun melalui Puskesmas setempat.

Author Biography

Agustina Gultom, Poltekkes Kemenkes Medan

Nyeri punggung bawah atau low back pain merupakan salah satu masalah kesehatan yang utama dan mempengaruhi individu, komunitas dan secara global. Nyeri punggung bawah adalah masalah gangguan muskuloskletal yang sangat umum terjadi diantara petani. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganlisis hubungan sikap tentang mekanika tubuh dengan nyeri punggung bawah pada petani di Dusun V Desa Dologhuluan Kecamatan Raya Kabupaten Simalungun. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelatif dengan desain cross sectional untuk menganalis hubungan sikap tentang mekanika tubuh dengan nyeri punggung bawah pada petani. Analisis data menggunakan uji statistik exact fisher dengan α = 0.05. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan signifikan sikap tentang mekanika tubuh dengan nyeri punggung bawah (0,017 < 0,05). Disarankan adanya peningkatan pemahaman sikap tentang mekanika tubuh yang baik bagi petani di Dusun V Desa Dologhuluan Kecamatan Raya Kabupaten Simalungun melalui Puskesmas setempat.

Additional Files

Published

05-11-2018