ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS) DI RUMAH SAKIT UMUM MUHAMMADIYAH MEDAN

Authors

  • Suci Rahayu Institut Kesehatan Helvetia
  • Ismail Efendy Institut Kesehatan Helvetia Medan
  • Nuraini Institut Kesehatan Helvetia Medan

DOI:

https://doi.org/10.36911/pannmed.v18i3.1708

Keywords:

Management, Information, System,Hospital

Abstract

In the modern era which filled by development of information technology, hospital management information implementation systems have became very important to improve efficiency, transparency and security of services provided by hospitals. With the right investment and strong commitment, information systems can give the significant benefits for patients, medical staff and hospital management so that they can improve the quality of care and services hospital being better. Minister Regulation of Health Indonesia Number 82 of 2013 concerning Hospital Management Information Systems that hospitals have to implement HMIS. Muhammadiyah Medan Public Hospital has just implemented HMIS in January 2018. HMIS didn’t work well. The purpouse of this research is to analyze the implementation of Hospital Management Information Systems at Muhammdiyah Medan Public Hospital.This research is a qualitative descriptive study using the interview method. The main respondents

 in this study were 5 people including the director, head of HMIS installation, HMIS operator, registration operator and cashier, while the triangulation respondents were 3 recipients of health services.The result of the research shows that the implementation of HMIS at Muhamamdiyah Medan Public Hospital has not been optimal, because there were some problems such as uneven supply of computers, facilities and infrastructure, lack of HMIS human resources, frequent server disruptions, lack of rewards and punishment for staff, lack of training for the staff because the limited hospital management budget for HMIS. The results of the research is suggest for the hospital management allocate special budget for HMIS to complete the equipment and adjust HMIS human resources, and do the special training for HMIS human resources, giving rewards for those who carry out their duties well and punish those who neglect their duties so the quality of care and Services at Muhammadiyah Medan Public Hospital can be improved.

Keywords:Management, Information, System,Hospital

 

Dalam era modern yang dipenuhi dengan perkembangan teknologi informasi, sistem implementasi informasi manajemen rumah sakit menjadi sangat penting untuk meningkatkan efisiensi, transparansi, dan keamanan layanan yang disediakan oleh rumah sakit . Dengan investasi yang tepat dan komitmen yang kuat, sistem informasi dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi pasien, staf medis, dan manajemen rumah sakit sehingga dapat meningkatkan kualitas Perawatan dan Pelayanan rumah sakit yang lebih baik. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2013 Tentang Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit menyebutkan rumah sakit sudah harus menerapkan SIMRS. RSU Muhammadiyah Medan baru menerapkan SIMRS pada Januari 2018. Sehingga penggunaan SIMRS belum maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Menganalisis Implementasi Sistem Informasi Manajemen di Rumah Sakit di RSU Muhammdiyah Medan.

Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode wawancara. Informan utama dalam penelitian ini sebanyak 5 orang meliputi direktur, kepala instalasi SIMRS, operator SIMRS, operator pendaftaran dan kasir sedangkan informan triangulasi adalah penerima pelayanan kesehatan sebanyak 3 orang . Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi SIMRS di RSU Muhamamdiyah Medan belum maksimal terkait kendala seperti tidak meratanya persediaan komputer, sarana dan prasarana, kurangnya SDM SIMRS, sering terjadinya gangguan server, tidak adanya reward dan punishment bagi staf, kurangnya pelatihan karena terbatasnya anggaran Manajemen Rumah Sakit untuk SIMRS. Dari hasil penelitian disarankan agar pihak manajemen mengalokasikan dana khusus SIMRS dalam menyediakan segala kekurangan sarana dan prasarana, melakukan menambah SDM SIMRS, memberikan pelatihan khusus untuk SDM SIMRS, memberikan reward bagi yang menjalankan tugasnya dengan baik dan punishment bagi yang melalaikan tugasnya sehingga dapat meningkatkan kualitas Perawatan dan Pelayanan RSU.Muhammadiyah Medan.

Kata kunci: Manajemen, Sistem, Rumah Sakit

Downloads

Published

28-12-2023