PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP LOYALITAS PASIEN UMUM DI POLIKLINIK RAWAT JALAN RSU DELIMA MEDAN

Authors

  • Dina Pertiwi Institut Kesehatan Helvetia Medan
  • Thomson P Nadapdap Institut Kesehatan Helvetia Medan
  • Mayang Sari Institut Kesehatan Helvetia Medan

DOI:

https://doi.org/10.36911/pannmed.v18i3.1695

Keywords:

Marketing Mix; General Patient Loyalty;

Abstract

ABSTRACT

Due to the intense rivalry among hospitals, the administration of hospitals is always striving to create patient loyalty in order to ensure patients refrain from getting treatment elsewhere. This rivalry indirectly impacts the hospital's core purpose of sustaining the target market, thus the hospital needs to work hard to maintain its service consumers loyal. This study aimed to analyze the influence of marketing mix on general patient loyalty at outpatient polyclinic of Delima Hospital Medan. This is a combination study using the Concurrent Mix Method. According to the inclusion criteria, the population of this study was general patients who had used BPJS and returned between March 1 and March 18, 2023, with a total sample of 47 persons who were then processed using univariate, bivariate, and multivariate statistical tests. The results of all elements of marketing mix and patient loyalty in the sufficient category. There was a significant influence of Product with a Sig value. 0.004, Price with a Sig value. 0.003, Place with a Sig value. 0.001, Promotion with a Sig value. 0.002, People with a Sig value. 0.000 and Process with a Sig value. 0.003, there was no effect of Physical Evidence marketing mix on general patient loyalty with a Sig value. 0,840. All elements of marketing mix had a simultaneous influence on general patient loyalty at the Hospital with a Sig value. 0,000. Neither all marketing mixes have a substantial effect on general patient loyalty on their own, but all aspects of the marketing mix have a simultaneous affect on general patient loyalty at Delima Hospital Medan.

Keywords        : Marketing Mix; General Patient Loyalty

ABSTRAK

Ketatnya persaingan antar rumah sakit mendorong manajemen rumah sakit agar selalu berupaya untuk meningkatkan loyalitas pasien sehingga pasien tidak berpaling ke rumah sakit lain. Persaingan tersebut secara tidak langsung mempengaruhi rumah sakit untuk mempertahankan tujuan utamanya yaitu mempertahankan target pasar, sehingga rumah sakit harus bekerja keras menjaga loyalitas pengguna jasanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Loyalitas Pasien Umum di Poliklinik Rawat Jalan RSU Delima Medan. Penelitian ini adalah penelitian kombinasi, dengan Concurrent Mix Methode. Populasi penelitian ini adalah pasien umum yang pernah menggunakan BPJS yang melakukan kunjungan ulang pada 1 Maret sampai 18 Maret 2023 sesuai kriteria inklusi, dengan jumlah sampel sebanyak 47 orang yang selanjutnya diolah menggunakan uji statistik. Hasil penelitian ini adalah seluruh elemen bauran pemasaran dan loyalitas pasien dalam kategori cukup. Terdapat pengaruh signifikan bauran pemasaran Product dengan nilai Sig. 0,004, Price dengan nilai Sig. 0,003, Place dengan nilai Sig. 0,001, Promotion dengan nilai Sig. 0,002, People dengan nilai Sig. 0,000 dan Process dengan nilai Sig. 0,003, tidak terdapat pengaruh bauran pemasaran Phisical Evidence terhadap loyalitas pasien umum bauran pemasaran dengan nilai Sig. 0,840. Seluruh elemen bauran pemasaran memiliki pengaruh simultan terhadap loyalitas pasien umum di RSU Delima Medan dengan nilai Sig. 0,000. Kesimpulan penelitian ini adalah tidak seluruhnya bauran pemasaran secara individu berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien umum seperti bauran pemasaran Physical Evidence, namun seluruh elemen bauran pemasaran memiliki pengaruh simultan terhadap loyalitas pasien umum di RSU Delima Medan.

Kata Kunci  : Bauran Pemasaran; Marketing Mix; Loyalitas Pasien Umum

Downloads

Published

28-12-2023