EFEKTIFITAS MEDIA KOMUNIKASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG OBESITAS PADA REMAJA
DOI:
https://doi.org/10.36911/pannmed.v17i2.1297Keywords:
Media Komunikasi, Obesitas, RemajaAbstract
Obesitas dan overweight ditimbulkan karena asupan energi yang berlebih dibandingkan dengan energi yang dikeluarkan. Pada tahun 2018 angka prevalensi kelebihan berat badan pada remaja (16-18 tahun) sebesar 13,5% di Indonesia. Faktor penyebab terjadinya obesitas adalah kurangnya pengetahuan gizi. Upaya peningkatan pengetahuan dilakukan melalui pemberian pendidikan gizi dengan berbagai media komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas media komunikasi terhadap peningkatan pengetahuan tentang obesitas pada remaja. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (quasy experimental design) dengan rancangan pretest-posttest control group design. pemberian media leaflet, audio visual dan teka-teki silang merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan gizi pada remaja.