FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN PRE EKLAMPSIA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) SUNGAI LILIN TAHUN 2021

Authors

  • Dwi Mayang Sari Dwi Universitas Kader Bangsa Palembang
  • Murdiningsih Universitas Kader Bangsa Palembang
  • Titin Dewi Sartika Universitas Kader Bangsa Palembang

DOI:

https://doi.org/10.36911/pannmed.v17i1.1266

Keywords:

Preeklampsia, Umur, Paritas, Jarak kehamilan

Abstract

Angka Kematian Ibu (AKI) merupakan indikator utama derajat kesehatan masyarakat dan ditetapkan sebagai salah satu tujuan Sustainable Development Goals (SDGs).Menurut World Health Organization (WHO) Angka kematian ibu (AKI) masih sangat tinggi, sekitar 830 wanita meninggal akibat komplikasi terkait kehamilan atau persalinan di seluruh dunia setiap hari, dan sekitar 303.000 wanita meninggal selama dan setelah kehamilan dan persalinan. Penyebab kematian ibu merupakan masalah kompleks. Penyebab langsung kematian ibu adalah perdarahan, infeksi, dan preeklampsia/eklampsia.Faktor preeklampsia/eklampsia antara lainadalah usia, paritas, ras, genetik, kehamilan multiple dan riwayat hipertensi kronis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan umur, paritas dan jarak kehamilan secara simultan dengan kejadian pre eklampsia di RSUD Sungai Lilin tahun 2021. Desain penelitian menggunakan survey analitik dengan pendekatan case control. Sampel penelitian ini menggunakan teknik case control dengan perbandingan 1:1 sebanyak 178 ibu bersalin yaitu 89 ibu preeklampsia dan 89 ibu tidak preeklampsia. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan systematic random sampling. Analisa data menggunakan analisa univariat dan analisa bivariat dengan menggunakan uji chi square. 

Hasil penelitian ada hubungan umur ibu (p value = 0,001), paritas (p value = 0,001)dan jarak kehamilan (p value = 0,041) dengan kejadian pre eklampsia di RSUD Sungai Lilin tahun 2021 (p value = 0,001). 

Kesimpulan ada hubungan umur, paritas dan jarak kehamilan dengan kejadian pre eklampsia di RSUD Sungai Lilin tahun 2021.

Downloads

Published

2022-04-30