LITERATURE REVIEW : EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PROMOSI KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN POLA KONSUMSI ZAT BESI PADA REMAJA

Authors

  • Monica Theresia Magdalena N Gizi

DOI:

https://doi.org/10.36911/pannmed.v16i1.1069

Keywords:

Kata Kunci: Media Promosi Kesehatan, Pengetahuan, Pola Konsumsi Zat Besi, Remaja

Abstract

Masa remaja adalah masa peralihan dari masa kanak-kanak ke usia dewasa, dimana oleh perubahan fisik, fisiologis, dan psikososial. Tingkat pengetahuan pada remaja akan berpengaruh terhadap perilaku dan perilaku dalam memilih makanan disekolah maupun dirumah. Upaya untuk meningkatkan kualitas hidup dan pengetahuan remaja yang lebih baik dapat dilakukan dengan pemanfaat media yang tepat, menarik dan mudah diimplementasikan sebagai salah satu cara meningkatkan pelayanan kesehatan.

Tujuan penelitian ini untuk mengukur efektivitas media promosi kesehatan terhadap pengetahuan dan pola konsumsi besi pada remaja. Metode penelitian menggunakan metode Literatur Review dengan data sekunder dari artikel penelitian ilmiah dari tahun 2015-2020. Pencarian data menggunakan database Google Scholar, Mendeley, DOAJ dan Portal Garuda secara online dengan menggunakan kata-kata kunci yakni media promosi kesehatan, pengetahuan, pola konsumsi zat besi, remaja. Artikel - artikel kemudian dievaluasi berdasarkan tujuan, metode dan untuk meninjau berkumpul dan perbedaan di antara artikel - artikel tersebut.

Dari 11 hasil Literatur Review ini, terdapat 8 literatur yang menyatakan bahwa terdapat penggunaan media promosi kesehatan terhadap pengetahuan yang mengalami peningkatan yang signifikan (p <0,05) setelah intervensi.Terdapat 2 dari 3 Literatur Review yang menunjukkan bahwa tidak terdapat penggunaan yang efektif media promosi kesehatan terhadap pola konsumsi zat besi dengan nilai signifikan (p> 0,05) setelah diberi intervensi.

Kata Kunci: Media Promosi Kesehatan, Pengetahuan, Pola Konsumsi Zat Besi, Remaja

Downloads

Published

18-05-2021