Pengaruh Edukasi Virtual Menyikat Lidah Terhadap Kondisi COATED TONGUE Pada Siswa SMP Negeri 1 Pematang Tanah Jawa di Masa Pandemik Tahun 2020

Authors

  • Junita Elvrida Doloksaribu universitas prima indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36911/pannmed.v16i1.1007

Keywords:

Keywords: Virtual education, tongue, coated tongue

Abstract

                                                                                                     ABSTRAK

Lidah merupakan salah satu organ vital yang terdapat dalam rongga mulut. Lidah mempunyai selaput alami ketika sehat. Tetapi jika kegagalan sel terjadi, maka menimbulkan infeksi pada permukaan lidah berwarna putih disebut lidah berlapis. Pembersihan lidah untuk mencegah terjadinya infeksi tersebut. Oleh karena itu, masyarakat perlu mendapatkan edukasi mengenai istilah lidah dengan edukasi virtual. Praktek kesehatan gigi dan mulut tetap harus ditingkatkan. Salah satunya dengan memberukan edukasi virtual. Edukasi virtual mengacu pada proses pembelajaran melalui jaringan internet yang menanganinya untuk mengatasi masalah keterpisahan ruang dan waktu antara siswa dan pengajar melalui smartphone. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh edukasi virtual menyikat lidah terhadap kondisi lidah yang dilapisi pada siswa SMP Negeri I Pematang Tanah Jawa di masa pandemi tahun 2020. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (eksperimen semu) dengan desain pretest dan posttest. Jumlah sampel 20 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi. Uji analisis yang digunakan adalah wilcoxon. Pada penelitian ditemukan kondisi kondisi lidah terlapis sebelum dan sesudah edukasi virtual adalah p value = 0,000 <0,05). Kesimpulan penelitian ini yaitu ada pengaruh edukasi virtual terhadap kondisi lidah terlapisi pada SMP Negeri I Pematang Tanah Jawa dengan nilai p = 0,000. Jenis penelitian adalah semu eksperimen (quasi experiment) dengan desain pretest dan posttest. Jumlah sampel 20 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi. Uji analisis yang digunakan adalah wilcoxon. Pada penelitian ditemukan kondisi kondisi lidah terlapis sebelum dan sesudah edukasi virtual adalah p value = 0,000 <0,05). Kesimpulan penelitian ini yaitu ada pengaruh edukasi virtual terhadap kondisi lidah terlapisi pada SMP Negeri I Pematang Tanah Jawa dengan nilai p = 0,000. Jenis penelitian adalah semu eksperimen (quasi experiment) dengan desain pretest dan posttest. Jumlah sampel 20 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi. Uji analisis yang digunakan adalah wilcoxon. Pada penelitian ditemukan kondisi kondisi lidah terlapis sebelum dan sesudah edukasi virtual adalah p value = 0,000 <0,05). Kesimpulan penelitian ini yaitu ada pengaruh edukasi virtual terhadap kondisi lidah terlapisi pada SMP Negeri I Pematang Tanah Jawa dengan nilai p = 0,000.

                                                                                         ABSTRACT

The tongue is one of the vital organs found in the oral cavity. The tongue has a natural membrane when it is healthy. But if cell failure occurs, it causes infection on the white surface layer of the tongue called coated tongue. Tongue cleaning is recommended to prevent these infections. Therefore, people need to get education about tongue cleaning with virtual education. Dental and oral health practices still need to be improved. One of them is by providing virtual education. Virtual education refers to the learning process through the internet network whose application is intended to overcome the problem of separation of space and time between students and teachers via smartphones. The purpose of this study was to determine the effect of virtual tongue brushing education on coated tongue conditions in students of SMP Negeri I Pematang Tanah Jawa during the pandemic in 2020. This type of research is a quasi experiment with pretest and posttest designs. The number of samples is 20 people. The determination of the sample in this study used inclusion and exclusion criteria. The analytical test used was Wilcoxon. In the study, it was found that the difference in the conditions of coated tongue before and after virtual education was p value = 0.000 <0.05). The conclusion of this study is that there is an effect of virtual education on the condition of coated tongue in SMP Negeri I Pematang Tanah Jawa with p value =0.000.

Kata Kunci:

Edukasi virtual, lidah, lidah berlapis

 

Downloads

Published

10-05-2021