Karakteristik Penyebab Kanker Payudara

Authors

  • Nirmala Sari Universitas Baiturrahmah

DOI:

https://doi.org/10.36911/pannmed.v16i1.1002

Keywords:

Kanker Payudara, IMT, Menyusui, Kontrasepsi Hormonal

Abstract

Kanker payudara merupakan penyebab kematian ke 2 setelah kanker rahim. Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Kota Padang tentang kejadian kanker payudara, pada tahun 2015 terjadi peningkatan sebesar 69% yaitu terdapat 142 kasus lama dan 99 kasus baru kanker payudara. Kemudian pada tahun 2016, angka kejadian kanker payudara di Kota Padang mengalami peningkatan lagi sebesar 73% yaitu menjadi 252 kasus lama dan 186 kasus baru kanker payudara. Penelitian ini untuk melihat karakteristik penyebab kanker payudara di RS. Tk III Dr. Reksodiwiryo Padang Tahun 2017.

Jenis penelitian yang dilakukan penelitian deskriptif. Teknik sampel yang digunakan simple random sampling yaitu acak sederhana dengan teknik undian. Jenis data yang dipakai data sekunder dengan mengumpulkan data dari catatan rekam medik wanita yang dirawat dan terdiagnosa kanker payudara dengan menggunakan format pengumpulan data lembaran checklist. Analisis yang digunakan analisis univariat.

Hasil penelitian didapatkan 80,4% wanita kanker payudara berusia ? 40 tahun, 4,3% wanita kanker payudara memiliki IMT ? 30, 39,1% wanita kanker payudara mengalami menarche pada usia ? 12 tahun, 23,9% wanita kanker payudara belum pernah hamil dan melahirkan, 26,1% wanita kanker payudara tidak menyusui bayinya, 47,8% wanita kanker payudara memiliki riwayat kontrasepsi hormonal yang lama pemakaiannya lebih dari 5 tahun dan 56,5 % wanita kanker payudara memiliki riwayat genetik kanker payudara.

Kejadian kanker payudara dapat dideteksi lebih awal dengan melakukan periksa Payudara sendiri (SADARI) dan periksa payudara ke klinis (SADANIS) secara berkala pada wanita yang memiliki faktor risiko kanker payudara. Tenaga kesehatan diharapkan meningkatkan upaya promotif tentang faktor risiko kanker payudara pada wanita.

Kata Kunci: Kanker Payudara, IMT, Menyusui, Kontrasepsi Hormonal

 

Downloads

Published

10-05-2021