PENGARUH PREGNANCY CLASS TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN IBU HAMIL TENTANG KESEHATAN IBU DAN ANAK (KIA)

Authors

  • Johani Dewita Nasution Poltekkes Kemenkes Medan
  • Sri Siswati Poltekkes Kemenkes Medan

DOI:

https://doi.org/10.36911/pannmed.v16i1.1001

Keywords:

pregnancy class, pengetahuan, keterampilan, karakteristik ibu hamil, kesehatan ibu dan anak

Abstract

Pembangunan kesehatan di Indonesia dewasa ini masih diprioritaskan pada upaya peningkatan derajat kesehatan ibu dan anak, terutama pada kelompok yang paling rentan kesehatan ibu hamil, bersalin dan bayi masa perinatal.Pregnancy Class merupakan sarana untuk belajar bersama tentang kesehatan bagi ibu hamil, dalam bentuk tatap muka.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengetahuan dan keterampilan ibu hamil mengenai KIA sebelum, sesudah dan satu bulan setelah mengikuti Pregnancy Class di wilayah Puskesmas Muliorejo tahun 2020.

Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy–eksperiment. Pregnancy Class dalam dalam penelitian ini observasi dilakukan sebanyak 3 kali yaitu pre test/ sebelum perlakuan, post test /sesudah perlakuan dan satu bulan sesudah perlakuan dilakukan pada 7 kelompok pregnancy class, masing-masing kelompok pelaksanaannya selama 3 minggu dengan frekuensi sekali seminggu dalam waktu 120 menit pada ibu hamil dengan usia kehamilan 20-32 minggu. Subjek penelitian yang diambil adalah 42 orang tetapi peserta yang memenuhi criteria inklusi berjumlah 35 ibu hamil.

Berdasarkan hasil analisa data dengan uji paired t-test menunjukkan bahwa selisih antara skor pengetahuan dan keterampilan sebelum dan sesudah intervensi menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan p=0,001 (?<0,05).

Sedangkan selisih pengetahuan sesudah intervensi dengan satu bulan sesudah intervensi menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan p=0,378 (?>0,05), hal ini membuktikan tidak ada beda antara pengetahuan sesudah intervensi dengan pengetahuan satu bulan sesudah intervensi. Untuk selisih keterampilan sesudah intervensi dengan satu bulan sesudah intervensi menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan p=0,012 (?<0,05), hal ini membuktikan ada beda antara sesudah intervensi dan satu bulan sesudah intervensi.

Kesimpulan dari penemuan penelitian ini menunjukkan bahwa Pregnancy Class berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan ibu hamil tentang kesehatan ibu dan anak (KIA).

 

 

Downloads

Published

10-05-2021