PENGARUH PEMBERIAN MINUMAN “KAKATUL” TERHADAP KADARGLUKOSA DARAH PENDERITA DIABETES MELITUS

Authors

  • Nova Marisa Poltekkes Kemenkes Palembang
  • Podojoyo Podojoyo Poltekkes Kemenkes Palembang
  • Hana Yuniarti Poltekkes Kemenkes Palembang
  • Susyani Poltekkes Kemenkes Palembang

Keywords:

diabetes mellitus, kadar glukosa darah, minuman kakatul

Abstract

Latar Belakang: Diabetes mellitus adalah penyakit degeneratif yang ditandai dengan kadar gula darah sewaktu ?200 mg/dl. Penderita diabetes mellitus dianjurkan mengonsumsi serat sesuai anjuran adalah 20-35 g/hari yang berasal dari berbagai sumber bahan makanan. Minuman Kakatul adalah serbuk instan tinggi serat berasal dari kakao dan bekatul sebagai  minuman yang dapat membantu menurunkan kadar glukosa dalam darah. Tujuan. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian minuman Kakatul  terhadap kadar glukosa darah penderita DM tipe II di Puskesmas Merdeka Palembang. Metode: Jenis penelitian menggunakan rancangan quasi experiment dengan metode pre-test and post-test with two group. Indonesian translation. Polulasi penelitian ini adalah pasien diabetes melitus tipe II di Puskesmas dan jumlah sampelnya adalah 30 orang dengan kriteria kadar gulose darah 200 mg/dl.

Hasil: Rata-rata kadar glukosa sebelum perlakuan pada kelompok perlakuan yaitu 316,60 mg/dl dan 324,43 mg/dl pada kelompok pembanding. Rata-rata glukosa darah setelah perlakuan pada kelompok perlakuan sebesar 280,76 mg/dl dan pada kelompok pembanding sebesar 318,10 mg/dl. Sedangkan hasil independent sampel t-test menunjukkan selisih nilai rata-rata kadar glukosa darah kelompok perlakuan 37,93 mg/dl dan kelompok pembanding 6,33 mg/dl (p-value = 0,000).

Kesimpulan: Pemberian minuman kakatul berpengaruh terhadap glukosa darah penderita DM tipe II dengan perbedaan selisih rata-rata kadar glukosa darah kelompok perlakuan lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok pembanding dikarenakan memiliki kandungan serat yang tinggi.

Downloads

Published

2022-06-30