TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TUNARUNGU TENTANG MASA PUBERTAS DI SMP-SMA SLB NEGERI BINJAI TAHUN 2018

Authors

  • Ade Ira Zahriany Akademi Kebidanan Kharisma Husada Binjai

DOI:

https://doi.org/10.36911/colostrum.v2i1.825

Keywords:

Pengetahuan, Tunarunggu, Masa Pubertas

Abstract

Pubertas adalah secara etimologi berasal dari kata latin,yakni usia menuju remaja. Arti pubertas lebih mengarah kepada proses perubahan fisiologis ketimbang perilaku.Tunarungu adalah sebutan bagi mereka yang mengalami gangguan pendengaran, mulai dari yang ringan  sampai dengan yang berat. Oleh karena  itu anak tunarungu memerlukan bantuan khusus, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam pendidikan. Pengetahuan adalah hasil “tahu” dan ini terjadi  setelah orang mengadakan penginderaan terhadap suatu objek tertentu. Sikap merupakan reaksi atau respon seseorang yang masih tertutup terhadap suatu stimulus atau objek. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan  deskriptif. Penelitian dilakukan di SMP- SMA SLB Negeri Binjai. Pengumpulan data diambil menggunakan data primer dengan sampel semua total populasi (total sampling) seluruh remaja tunarungu yang bersekolah di SMP-SMA SLB Negeri Binjai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja tunarungu berpengetahuan kurang tentang pubertas sebanyak 27 orang (90%) dan minoritas  berpengetahuan cukup sebanyak 3 orang (10%). Remaja tunarungu bersikap positif tentang pubertas sebanyak 28 (93,33%) dan bersikap negatif sebanyak 2 orang (6,67%). Disarankan kepada instansi SMP-SMA SLB Negeri Binjai khususnya tenaga pengajar yang mendidik remaja tunarungu diharapkan aktif mencari informasi mengenai masa pubertas dan memberikan pendidikan tentang masa pubertas tersebut secara berkala kepada remaja tunarungu.

Kata kunci : Pengetahuan, Tunarunggu, Masa Pubertas

 

Downloads

Published

2021-01-08

Issue

Section

Literature Review