TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TUNARUNGU TENTANG MASA PUBERTAS DI SMP-SMA SLB NEGERI BINJAI TAHUN 2018
Main Article Content
Abstract
Pubertas adalah secara etimologi berasal dari kata latin,yakni usia menuju remaja. Arti pubertas lebih mengarah kepada proses perubahan fisiologis ketimbang perilaku.Tunarungu adalah sebutan bagi mereka yang mengalami gangguan pendengaran, mulai dari yang ringan sampai dengan yang berat. Oleh karena itu anak tunarungu memerlukan bantuan khusus, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam pendidikan. Pengetahuan adalah hasil “tahu” dan ini terjadi setelah orang mengadakan penginderaan terhadap suatu objek tertentu. Sikap merupakan reaksi atau respon seseorang yang masih tertutup terhadap suatu stimulus atau objek. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan di SMP- SMA SLB Negeri Binjai. Pengumpulan data diambil menggunakan data primer dengan sampel semua total populasi (total sampling) seluruh remaja tunarungu yang bersekolah di SMP-SMA SLB Negeri Binjai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja tunarungu berpengetahuan kurang tentang pubertas sebanyak 27 orang (90%) dan minoritas berpengetahuan cukup sebanyak 3 orang (10%). Remaja tunarungu bersikap positif tentang pubertas sebanyak 28 (93,33%) dan bersikap negatif sebanyak 2 orang (6,67%). Disarankan kepada instansi SMP-SMA SLB Negeri Binjai khususnya tenaga pengajar yang mendidik remaja tunarungu diharapkan aktif mencari informasi mengenai masa pubertas dan memberikan pendidikan tentang masa pubertas tersebut secara berkala kepada remaja tunarungu.
Kata kunci : Pengetahuan, Tunarunggu, Masa Pubertas
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).