Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Kiriman tidak akan dipublish, jika sebelumnya telah dipublish pada journal lainnya (Editor akan memberikan komentar terhadap penjelasan tersebut).
  • File Artikel dikirim Dalam OpenOffice, Microsoft Word, atau file format document RTF.
  • Jika ada, turut serta lampirkan URL referensi.
  • Spasi teks tunggal, ukuran huruf/font 12 poin, alamat URL digarisbawahi, ilustrasi, gambar, dan tabel ditempatkan di dalam teks pada tempat yang sesuai.
  • Penulisan teks artikel dan bibliografi mematuhi gaya dalam Panduan Penulis.

Author Guidelines

Paper atau tulisan yang akan diserahkan harus menurut batasan-batasan berikut:

1. Naskah belum pernah dimuat/diterbitkan pada media lain.

2. Naskah yang dimuat dalam jurnal ini meliputi tulisan tentang original hasil penelitian atau review artikel yang berkaitan dengan kesehatan ibu dan anak serta reproduksi. 

3. Naskah harus diserahkan secara online melalui situs web jurnal. Penulis harus log in untuk menyerahkan naskah.  Untuk panduan penyerahan naskah lihat di menu online submission. Pendaftaran online tidak dipungut biaya.

4. Panjang naskah maksimal 10 halaman, A4 (210 x 297 mm) dengan format naskah sesuai template yang disediakan, termasuk di dalamnya gambar, tabel, tidak mengandung apendiks. Naskah ditulis menggunakan Microsoft Word (.doc/.docx) dengan batas atas 4 cm, kiri 4 cm, kanan 3 cm, serta 3 cm untuk batas bawah.

5. Judul dan Kata Kunci dituliskan dalam Bahasa Indonesia, sedangkan Intisari dan Abstract, harus dituliskan dalam Bahasa Indonesia dan Inggris.

6. Jumlah kata judul maksimal 12 kata dengan ketentuan:tipe huruf Time News Roman (TNR) dengan ukuran huruf 12, spasi tunggal, rata tengah, cetak tebal (Bold). Apabila judul terlalu panjang, editor berhak mengedit judul tanpa mengubah makna judul, tanpa persetujuan penulis naskah, ketika naskah akan naik cetak.

7. Author name TNR 11 cetak tebal (bold),  dan affiliation ditulis TNR (10),  spasi tunggal, rata tengah

8. Penulisan judul artikel disarankan menggunakan Bahasa Indonesia yang sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Apabila terdapat kata-kata dalam Bahasa Inggris, ditulis dengan format miring (Italic).

9. Artikel dimulai dengan Abstract . Abstract tidak boleh mengandung gambar maupun tabel, ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Judul Abstrak bahasa Inggris cetak miring, TNR 12, abstract dibold TNR 12, letak centre.  Isi abstrak  rata kanan-kiri TNR 10. 

10. Kata Kunci mengandung maksimal lima kata, dipisahkan dengan koma, rata kanan-kiri, huruf TNR 10, Bold dan spasi tunggal. Kata kunci dipilih secara cermat, sehingga mampu mencerminkan konsep yang dikandung artikel dan membantu peningkatan keteraksesan artikel yang bersangkutan.

11. Tubuh naskah harus mengikuti kaidah berikut:

  • Ditulis dalam dalam format satu kolom, rata kanan-kiri, TNR 11, spasi 1, setiap paragraf baru masuk 5 ketuk
  • Sistematika penulisan artikel harus mengandung empat bagian utama:
  • Pendahuluan, ditulis dengan menarik, juga informasi yang mendukung tentang penelitian tersebut.
  • Metode mengandung bahan dan alat yang digunakan dalam penelitian ini, lokasi juga lama waktu penelitian. Harus dijelaskan statistik yang dipilih dengan detil, juga ethical clearence dengan mencantumkan nomornya dari komisi etik.
  • Hasil dan Pembahasan. Hasil harus menyajikan data dan informasi sebagai dasar pengambilan kesimpulan. Data tersebut dapat berupa gambar, grafik, foto.  Pada Pembahasan berisi rujukan yang digunakan untuk menjelaskan tentang hasil yang didapat dengan analisis, interpretasi, juga sampai dengan sintesisnya, dan boleh juga menampilkan perbandingan dengan hasil penelitian lainnya.
  • Kesimpulan yang ditulis berdasarkan hasil dari penelitian. Penulisan harus dengan ringkas dan jelas dalam dua atau tiga kalimat saja.
  • Ucapan Terima Kasih boleh ditampilkan setelah Kesimpulan dengan menyebutkan perannya serta nama tanpa menuliskan gelar
  • Referensi diletakkan pada bagian paling belakang dengan format style Vancouver menggunakan aplikasi mendeley atau end note. Minimal daftar pustaka adalah 10, dikutip dari buku atau jurnal dengan publishing maksimal 10 tahun. Referensi harus diambil dari sumber yang pertama 80%, dan sumber kedua 20%.
  • Contoh untuk penulisan referensi :
    1. Journals
    Theodoridou K, Vasilopoulou VA, Katsiaflaka A, Theodoridou MN, Roka V, Rachiotis G, et al. Association of treatment for bacterial meningitis with the development of sequelae. Intern J Infect Dis. 2013;17(9):e707–13.
     
    Zhang B, Kunde D, Tristram S. Haemophilus hemolytic is infrequently misidentified as Haemophilus influenza in diagnostic specimens in Australia. Diagn Microbiol Infect Dis. 2014;80(4):272–3.
     
     
    2. Buku dan monograph
  •  
    Editor as Author
    Nriagu J, editor. Encyclopedia of environmental health. Michigan: Elsevier BV; 2011.
  •  
    Organization as Author
    World Health Organization (WHO). Guideline: neonatal vitamin A supplementation. Geneva: WHO Press; 2011.
  •  
    Chapter in Book
    Miller LG. Community-associated methicillin-resistant Staphylococcus aureus. In: Weber JT, editor. Antimicrobial resistance. Beyond the breakpoint. Basel: Karger; 2010. p. 1–20.
  •  
    Conference Proceeding
    Nicholai T. Homeopathy. Proceedings of the Workshop Alternative Medicines; 2011 November 30; Brussels Belgium. Belgium: ENVI; 2011.
  •  
    Journal Article from the Internet
    King P. Haemophilus influenza and the lung (Haemophilus and the lung). Clin Transl Med. 2012;1:10 [cited 2015 August 15]. Available from: https://clintransmed.springeropen.com/articles/10.1186/2001-1326-1-10.
  •  
    Supplementary File(s)
    In the Supplementary Files, upload the following document:
    - ethics and plagiarism statement;
    - results of scans of ethical approval/clearance letters from the Health Research Ethics Committee;
    - copyright statement.
  •  
    Article Submission
    Submit articles and correspondence with the editorial board online. Register at http://ejournal.unisba.ac.id/index.php/gmhc and follow the guidelines.
     
    Referensi yang tidak mematuhi aturan akan ditolak

12. Judul Tabel sejajar, rata kanan kiri, masuk ke dalam dibawah judul untuk kalimat keduanya, dibold, TNR 11. Isi Tabel TNR 9 (1 spasi). Judul Gambar letak di tengah (centered). Gambar diperbolehkan berwarna. Gambar dan tabel diberi nomor dengan menggunakan angka. Keterangan gambar dalam huruf TNR 9. Keterangan gambar dalam satu baris diletakkan di tengah (centered), sedangkan multi-baris rata kanan-kiri. Keterangan gambar ditempatkan setelah gambar terkait.

13. Persaman matematika harus ditulis secara jelas, dinomori secara berurutan, dan dilengkapi dengan informasi yang dibutuhkan.

14. Wikipedia, blog pribadi, dan situs web non ilmiah tidak diperbolehkan.

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif 
untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan digunakan untuk tujuan lain atau pihak lain mana pun.