PELAKSANAAN MOBILE VCT (VOLUNTARY COUNSELING AND TESTING) BERKAITAN DENGAN PEMANFAATAN LAYANAN VCT PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS SINGOSARI PEMATANG SIANTAR

Authors

  • Yulina Dwi Hastuty
  • Mardiana Dinas Kesehatan Pematang Siantar

Keywords:

Pelaksanaan; Pemanfaatan; Layanan; Mobile VCT

Abstract

Pelayanan VCT merupakan upaya kebijakan dan program komprehensif penanggulangan HIV. Pada ibu hamil, pemeriksaan diagnostis HIV dengan VCT harus dilakukan pada saat pemeriksaan kehamilan sebagai upaya pencegahan dan penularan HIV dari ibu ke anak yang dikandungnya. Namun masih sedikit ibu hamil yang mengakses layanan VCT. Oleh karena itu, perlu dilakukan mobile VCT (penjangkauan dan keliling) oleh petugas kesehatan untuk meningkatkan cakupan layanan VCT pada ibu hamil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pelaksanaan mobile VCT dengan pemanfaatan layanan VCT pada ibu hamil di Puskesmas Singosari Kecamatan Siantar Barat Kotamadya Pematang Siantar Tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat survei analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil, sampel berjumlah 52 orang yang diambil menggunakan teknik purpossive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji Chi Square dengan ? = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan mobile VCT mayoritas sesuai SOP (92,3%), masih ada ibu hamil yang tidak memanfaatkan layanan VCT (13,5%) dan ada hubungan pelaksanaan mobile VCT dengan pemanfaatan layanan VCT (p value = 0,006). Disarankan agar petugas kesehatan tetap konsisten melaksanakan layanan VCT secara proaktif melalui mobile VCT sehingga ibu hamil dengan sukarela mau memanfaatkan layanan VCT dan cakupan layanan VCT pada ibu hamil dapat meningkat.

References

UNAIDS. Global Report: UNAIDS Report on the Global AIDS Epidemic 2016. Geneva: Joint United Nations Programme on HIV/AIDS. 2016.

Amiruddin, R. Epidemiologi Perencanaan Pelayanan Kesehatan. Makassar: Masagena Press. 2011.

KPA Sumut. Info HIV dan AIDS, Komisi Penanggulangan AIDS Indonesia. Sumatera Utara. 2016.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Profil Kesehatan Indonesia 2016. Jakarta: Kemenkes. 2017.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.. Petunjuk Teknis Program Pengendalian HIV AIDS dan PIMS Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Jakarta : Kemenkes. 2016.

Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar. Data Penderita HIV/AIDS di Kota Pematangsiantar. Profil Kesehatan. 2018.

Haya, Desy Arisandy. Pelaksanaan Program Voluntary Counseling Test Mobile Dalam Rangka Penanggulangan HIV/AIDS Oleh Komisi Penanggulangan AIDS Kota Bontang. E-journal Administrasi Publik. 2015;3(4):1265-1279

Mahadi, Elisra Prabawanti, dkk. Evaluasi Pelaksanaan Program Pelayanan Mobile Voluntary Counselling And Testing (VCT) HIV dan AIDS (Studi Kasus pada Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia Kota Semarang dan Lentera Asa Kota Semarang). Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2018;6(4):551-557

Hartini. Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Ibu Hamil Untuk Memanfaatkan Layanan VCT (Voluntary Counseling And Testing) di Puskesmas Mergangsan Yogyakarta. Naskah Publikasi. Program Studi DIV Bidan Pendidik Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas ‘Aisiyah Yogyakarta; 2018.

Tasa, Yeni, Ina Debora Ratu Ludji, dan Rafael Paun. 2016. Pemanfaatan Voluntary Counseling And Testing Oleh Ibu Rumah Tangga Terinfeksi Human Immunodeficiency Virus. Jurnal kesehatan Masyarakat. 2016;11(2):96-103.

Sakutukwa, Gertrude Khumalo. Project Accept (HPTN 043): A Community-Based Intervention to Reduce HIV Incidence in Populations at Risk for HIV inSub-Saharan Africa and Thailand. 2010 [cited 2019 Oct 25] 49(4):422-431. Available from http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2664736/

Robby Kayame, Ridwan Thaha. Proactive Approaches in HIV/AIDS based on Local Culture, The Mee tribe in Central Mountains of Papua, Indonesia. Disertasi. Fakultas Kesehatan Makassar, Universitas Hasanuddin, Makassar; 2014.

Downloads

Published

2021-08-26