ANALISIS HUBUNGAN BODY IMAGE DAN PENGETAHUAN TERHADAP STATUS GIZI REMAJA PUTRI DI SMAN 2 TAMBANG

Authors

  • Sara Herlina D-III Kebidanan, Universitas Abdurrab
  • Siti Qomariah D-III Kebidanan, Universitas Abdurrab
  • Wiwi Sartika D-III Kebidanan, Universitas Abdurrab

Keywords:

Body Image, Pengatahuan , Status Gizi

Abstract

Masalah gizi yang paling sering terjadi pada remaja adalah kurangnya asupan gizi yang mengakibatkan kurang gizi yaitu terlalu kurus dan dapat terkena anemia karena kekurangan zat besi. Selain itu masalah gizi yang sering muncul adalah kelebihan asupan gizi yang dapat menyebabkan obesitas. Status gizi remaja dipengaruhi oleh body imege dan pengetahuan, disamping oleh faktor lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan body image dan pengetahuan terhadap status gizi remaja putri. Penelitian menggunakan desain penelitian Analitik-korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 71 orang dengan teknik pengambilan sampel simpel random sampling. Hasil analisa univariat mayoritas responden memiliki boby image positif sebanyak 42 orang (59,2%) dan memiliki pengetahuan baik sebanyak 43 orang (60,6%). Hasil analisa bivariat diperoleh hasil penelitian ada hubungan signifikan  antara  body  image (p-value:  0,013)  dengan  status  gizi  remaja  putri  dan  ada hubungan signifikan antara pengetahuan (p-value: 0,000) dengan status gizi remaja putri. Dapat disimpulkan terdapat hubungan antara body image dan pengetahuan terhadap status gizi remaja. Bagi   pihak   sekolah, yaitu   melakukan   kerjasama   antara para  guru  dengan  pihak  puskesmas untuk  mengadakan  penyuluhan  dan edukasi  gizi  mengenai  berat  badan dan    tinggi    badan    normal    serta makanan yang baik untuk dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan remaja.

References

Waryana. Gizi Reproduksi. Pustaka Rihama; 2010.

Hasdianah E a. Gizi Pemanfaatan Gizi, Diet Dan Obesitas. Nuha Medika; 2014.

Merinta, S., Veni H. DM. Hubungan body image, pengetahuan gizi seimbang, dan aktifitas fisik terhadap status gizi mahasiswa Politeknik Kesehatan Jayapura. Media Gizi Masy Indones. 2012;2(1).

Valter, P.N.M., Maria, A.C., Pedro, H.B., de Carvalho, Ronaldo, R.B., Maria EC. Body image in different periods of adolescence. Rev Paul Pediatr. 2014;32(1).

Restuti, A. N. & Susindra Y. Hubungan antara Asupan Zat Gizi dan Status Gizi dengan Kejadian Anemia pada Remaja Putri di SMK Mahfilud Durror II Jelbuk. In: In Seminar Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Dana BOPTN. ; 2016:74–80.

Stuart G. Buku Saku Keperawatan Jiwa. EGC; 2009.

Razak M. Perubahan pola konsumsi dan status gizi mahasiswa putra dan putri TPB IPD. Published online 2009.

Arisman. Gizi Dalam Daur Kehidupan. EGC; 2010.

Verawati R. Hubungan antara body image dengan pola makan dan status gizi remaja putri di SMP al islam 1 Surakarta. Published online 2014.

Kusumajaya NAA, Wiardami NK JI. Persepsi Remaja terhadap Body Image (Citra Tubuh) Kaitannya dengan Pola Konsumsi Makan dan Status Gizi. Skala Husada. 2008;5(2).

Cahyaningrum HD, Endang Nur W MS, Kristien Andriani SM. Hubungan antara body image dengan status gizi pada remaja putri kelas XI IPS di SMA Batik 1 Surakarta. Published online 2013.

Emilia E. Pengembangan Alat Ukur Pengetahuan, Sikap Dan Praktek Pada Gizi Remaja.; 2019. http://repository.ipb.ac.id/

Yunda Dwi Jayanti NEN. Hubungan Pengetahuan Tentang Gizi Seimbang Dengan Status Gizi Pada Remaja Putri Kelas XI Akuntansi 2 (DI SMK PGRI 2 Kota Kediri). J Kebidanan Dharma Husada. 2017;6(2).

Dieny F. Hubungan body image, aktivitas fisik, asupan energi dan protein dengan status gizi pada siswi SMA. Published online 2007.

Sivert, Selja Serifovic & Sinanovic O. Body dissatisfaction-is age a factor. J Ser Philos Psychol Hist. 2008;7(1).

Salsabilla H et al. Hubungan Citra Tubuh dengan Status Gizi pada Remaja di STIKes Mitra Keluarga. Nutr Diatita. 2018;10(1).

Serly, V. Sofian, A. dan Ernalia Y. Hubungan Body Image, Asupan Energi dan Aktivitas Fisik dengan Status Gizi pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau Angkatan 2014. J Fak Kedokt. 2015;2(2).

Kusuma, Muhammad, RH, Krianto T. Pengaruh Citra Tubuh, Perilaku Makan dan Aktivitas Fisik terhadap Indeks Masa Tubuh pada Remaja:Studi Kasus pada SMA Negerti 12 DKI Jakarta. J perilaku dan promosi Kesehat. 2018;1(1).

Widianti N. Hubungan antara body image dan perilaku makan dengan status gizi remaja putri di SMA Theresiana Semarang. Published online 2012.

Savitri W. Hubungan body image, pola konsumsi, dan aktivitas fisik dengan status gizi SMAN 63 Jakarta tahun 2015. Published online 2015.

Rizkiyanti G. Status Hidrasi, Aktivitas Fisik dan Tingkat Kebugaran Atlet Futsal Remaja Putri. Published online 2015.

Florence AG. Hubungan Pengetahuan Gizi Dan Pola Konsumsi Dengan Status Gizi Pada Mahasiswa TPB Sekolah Bisnis Dan Manajemen Institut Teknologi Bandung. Published online 2017.

Downloads

Published

2021-08-26