PENGARUH AUDIOVISUAL TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN KEPALA KELUARGA DALAM MELAKSANAKAN CTPS

Authors

  • Astri Tambunan Polttekkes Kemenkes Medan
  • Jansen Parlaungan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Sorong Papua Barat

Keywords:

Pengetahuan, Audiovisual, Kepala Keluarga, CTPS

Abstract

Pendahuluan : Mencuci tangan dengan sabun dan air bersih mengalir adalah cara yang paling hemat biaya untuk melindungi kita dari penyakit menular.

Tujuan : Menganalisa pengaruh intervensi metode audiovisual terhadap peningkatan pengetahuan kepala keluarga melaksanakan cuci tangan pakai sabun di kota Sorong.

Metode : Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dengan desain yang digunakan adalah Time Series Design. Sampel kepala keluarga RT 03 / RW 05 kelurahan Klasaman kota Sorong berjumlah 30 orang.

Hasil : Penelitian menunjukkan ada pengaruh penggunaan metode audiovisual cara mencuci tangan pakai sabun terhadap pengetahuan kepala keluarga di kota Sorong didapatkan nilai Sig.(2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya ada perbedaan pengetahuan kepala keluarga pre-test dan post-test pada kelompok perlakuan.

Simpulan : Dapat digunakan dalam alat pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, informatif dan pendidikan kepada masyarakat khususnya kepala keluarga dalam melaksanakan cuci tangan pakai sabun dan air yang mengalir.

Kata Kunci : Pengetahuan;Audiovisual;Kepala Keluarga;CTPS.

Downloads

Published

2022-09-15