PENGARUH KONSENTRASI PERENDAMAN GARAM TERHADAP MUTU KIMIA (PROTEIN DAN KARBOHIDRAT) PADA TEPUNG PATI UBI TALAS BENENG (XANTHOSOMA UNDIPES K.KOCH)

Authors

  • Delfiana Estawina Simamora Poltekkes Kemenkes Medan

Keywords:

Tepung Talas, Tepung Pati, Tepung Pati Talas Beneng

Abstract

Tepung Talas memiliki potensi untuk dapat digunakan sebagai bahan baku tepung- tepungan karena memiliki kandungan pati yang tinggi, yaitu sekitar 70-80 %. Hal ini     bertujuan untuk meningkatkan daya simpan tanpa mengurangi nilai gizi talas.

Tepung Pati (starch) merupakan salah satu jenis karbohidrat yang banyak terdapat di alam, dan dapat diperoleh dari berbagai bagian tubuh tanaman seperti biji, akar, batang maupun sereal.

Tepung pati talas beneng menghasilkan produk olahan pangan dengan karakteristik yang sama seperti pangan olahan yang menggunakan tepung terigu protein rendah dengan kandungan sebesar 7-9%. talas beneng memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dibandingkan dengan talas lainnya. Dengan kandungan protein sebesar 8,53%.Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Pengaruh Konsentrasi Perendaman Garam Terhadap Mutu Kimia (Protein Dan Karbohidrat) Pada Tepung Pati Ubi Talas Beneng.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh konsentrasi garam terhadap mutu kimia (protein dan karbohidrat) dengan hasil karbohidrat (p1: 63,5%, p2: 65,1%, 65,8%) protein (p1: 6,45%, p2: 6,19%, p3: 26,9%).

 

Downloads

Published

2023-12-30