MODEL PREDIKSI PENYEBAB ANEMIA PADA REMAJA PUTRI DI SMA NEGERI 1 KOTA TANJUNGBALAI

Authors

  • Ratna Zuliandri Poltekkes Kemenkes Medan
  • Haripin Togap Sinaga
  • Bernike Doloksaribu
  • Riris Oppusunggu

DOI:

https://doi.org/10.36911/nutrient.v3i1.1558

Abstract

Anemia adalah keadaan kadar hemoglin pada  seseorang tidak normal atau kurang, Faktor penyebab terjadinya anemia adalah kurangnya asupan zat besi dalam tubuh.Sedangkan faktor faktor lain yang berhubungan yaitu pendidikan orang tuanya,  pengetahuan remaja terhadap anemia , pola konsumsi , pola menstruasi , serta   kejadian infeksi pada remaja putri.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan Mengetahui model prediksi remaja putri yang menyebabkan terjadinya anemia .

Metode : Desain penelitian ini bersifat observasional analitik dan rancangan yang digunakan cross sectional . Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling sampel yang di gunakan dalam penelitian ini remaja putri sebanyak 35 org yang mana di periksa kadar Hb nya terdahulu menggunakan metode digital homeque dengan merk Easy touch, dan kuesioner. analisis yang di gunakan Multivariate untuk melihat variabel dominan dalam penelitian ini.

Hasil penelitian :  Penyebab paling dominan yang berhubungan dengan kejadian anemia pada remaja putri di SMA Negeri 1 Kota Tanjungbalai adalah variabel pola menstruasi dengan OR 24.715 dan nilai Value p=0.003 (<0.05).

Kesimpulan : Penelitian ini menyimpulkan bahwa penyebab anemia paling dominan adalah pola menstruasi.       

Kata kunci : Anemia, Remaja putri, prediksi penyebab

Downloads

Published

2023-07-03