HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG MAKANAN KARIOGENIK TERHADAP TERJADINYA KARIES GIGI PADA ANAK

Authors

  • rosdiana simaremare poltekkes medan
  • khamila siregar

Keywords:

Knowledge, Cariogenic Food, Dental Caries

Abstract

Pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut antara lain dengan mengonsumsi makanan yang tepat dan menghindari makanan kariogenik dapat meningkatkan kesehatan gigi dan mulut. Makanan kariogenik yaitu makanan yang kaya akan karbohidrat atau gula yang dapat memicu terjadinya kerusakan gigi. Sifat dari makanan kariogenik adalah lengket serta melekat pada permukaaan gigi.Karies gigi merupakan penyakit pada jaringan gigi yang diawali dengan terjadinya kerusakan jaringan yang dimulai dari permukaan gigi (pit, fissure, dan daerah inter proksimal), kemudian meluas kearah pulpa.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan tentang makanan kariogenik terhadap terjadinya karies gigi pada anak. Desain penelitian yang digunakan Systematic Review dengan mereview 10 artikel yang terpublikasi 5 tahun terakhir.

Hasil penelitian Systematic Review dari 10 artikel diperoleh bahwa hasil uji menggunakan chi square df = 1, diperoleh hasil p=0,000. Dengan menggunakan tingkat kemaknaan 95% ( ?=0,05), maka nilai p=0,000 < 0,005.

Simpulan berdasarkan hasil penelitian Systematic Review dari 10 artikel yaitu adanya hubungan pengetahuan tentang makanan kariogenik terhadap terjadinya karies gigi pada anak.

 

Downloads

Published

2022-09-15

Issue

Section

Literature Review